Rechercher dans ce blog

Jumat, 24 Maret 2023

Resep Tongseng Kambing Khas Surakarta yang Gurih, Nikmat, Lezat - detikJateng

-

Resep tongseng kambing khas Surakarta adalah masakan yang telah dikenal gurih dan nikmat. Namun cara masak tongseng ternyata tidak selalu mudah, karena daging kambing punya aroma yang khas.

Tidak heran, cara masak tongseng dan resep olahan daging kambing lain selalu bikin penasaran. Tongseng sendiri menggunakan banyak bumbu dan rempah dalam pengolahannya. Buat yang penasaran, berikut salah satu resep tongseng yang bisa diterapkan

Resep tongseng kambing khas Surakarta

Dalam resep ini akan dijelaskan bahan dan cara pengolahan daging kambing hingga jadi tongseng yang lezat

Bahan tongseng kambing khas Surakarta

Dirangkum dari e-paper academia.edu yang diunggah oleh Dakir Mudzakir, dalam memasak tongseng kamu bisa gunakan bagian daging yang masih menempel pada tulangnya, seperti tulang iga dan tulang belakang. Namun kebanyakan orang biasanya menggunakan daging sate dalam memasak tongseng.

Salah satu tips agar daging kambing tidak alot adalah dalam teknik memotong. Ketika hendak memasak tongseng kambing, kamu bisa iris daging kambing secara berlawanan dengan arah serat pada daging tersebut.

Masakan berkuah khas Jawa ini menggunakan beberapa jenis rempah sebagai bumbu halusnya. Bumbu rempah yang dihaluskan bisa berupa bawang putih, bawang merah, ketumbar yang disangrai, jintan, biji kelapa, dan garam dapur secukupnya.

Cara membuat tongseng kambing khas Surakarta

Pertama, daging bisa ditumis bersama bumbu halus dengan minyak panas hingga berubah menjadi agak kecoklatan. Tambahkan air hingga mendidih, selanjutnya masukkan santan dan aduk secara perlahan agar tidak mengalami pecah santan.

Agar aroma bau dari kambing menghilang, kamu bisa tambahkan bumbu lain seperti daun salam, sereh yang digeprek, daun jeruk nipis, daun kol, dan tomat. Salah satu komponen yang juga penting dalam memasak tongseng ialah kecap manis.

Itulah kenapa kuah gulai dari tongseng memiliki warna gelap karena efek dari kecap manis. Kecap manis juga diyakini menambah rasa gurih pada tongseng ketika dipadukan dengan kuah gulainya.

Jangan lupa beri garam secukupnya, dan kamu juga bisa menambahkan penyedap rasa sesuai selera. Jika kol sudah mulai layu, dan kuah tampak sudah meresap pada daging, kamu bisa matikan api kompor.

Tongseng kambing sudah siap untuk dihidangkan. Bagi pecinta pedas, tongseng kambing ini bisa ditambah dengan irisan cabai rawit untuk sensasi yang lebih nikmat.

Asal Tongseng Kambing

Tongseng kambing merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia dari Surakarta, Jawa Tengah. Makanan ini juga akan sangat lazim ditemukan di Boyolali, Klaten, hingga Yogyakarta. Itulah kenapa jika kamu membeli tongseng di daerah lain, kebanyakan para penjualnya ada orang-orang Jawa.

Diketahui juga bahwa masyarakat Jawa banyak menghasilkan kecap manis yang akan selalu digunakan dalam resep tongseng pada umumnya. Inilah yang menjadi ciri khas tongseng sebagai makanan khas Jawa, makanan dengan kuah gulai dan irisan daging ditambah kol dan segarnya tomat. Kemudian dipadukan dengan kecap manis dan irisan cabai.

Rasa kuah gulai yang kaya rempah, ditambah irisan daging dan kol segar bisa dimakan dengan nasi hangat. Tidak lupa perasan jeruk nipis dan gurihnya perpaduan kecap manis.

Sekarang kamu bisa mencoba memasak di rumah dengan resep tongseng kambing khas Surakarta yang barusan bukan? Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Tongseng dan Gulai Kambing Endul di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Adblock test (Why?)


Resep Tongseng Kambing Khas Surakarta yang Gurih, Nikmat, Lezat - detikJateng
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Sup Kepiting Asparagus, Masak dengan Slow Cooker - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sop kepiting sering ditemui di restoran chinese food,  kamu bisa membuatnya sendiri di rumah memakai  slow cooker . Sop kep...