Rechercher dans ce blog

Selasa, 28 Februari 2023

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujan - IDN Times

Pai apel adalah makanan yang sukses memikat para pencinta sajian manis. Hidangan ini muncul dengan berbagai penampilan, tidak terkecuali tarte tatin. Makanan ini dikenal juga sebagai apel pai khas Prancis.

Penganan tersebut dapat dibuat menggunakan puff pastry, apel, dan karamel. Sajian sangat cocok dinikmati selagi musim hujan saat masih hangat, lho. Dilansir Tasty, kamu bisa membuat tarte tatin khas Prancis tersebut berdasarkan resep berikut ini.

Siapkan Bahan-bahan

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujanilustrasi apel potong (pixabay.com/congerdesign)

Bahan kulit:

  1. 1 lembar puff pastry

Bahan isian:

  1. 3 sdm air
  2. 100 gram gula pasir
  3. 3 sdm mentega tawar
  4. 1.5 kg apel

Cara Membuat Tarte Tatin

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujanilustrasi apel potong (pexels.com/Anete Lusina)

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, potong kulit pastri menyerupai loyang yang hendak digunakan. Pada resep asli, diameter yang dipakai adalah loyang bulat 23 cm.
  2. Setelah itu, tusuk-tusuk puff pastry memakai garpu. Sisihkan.
  3. Di tempat lain, kupas kulit dan pisahkan biji dari buah apel. Potong menjadi 4 bagian. Lalu panaskan oven di suhu 190 derajat celcius.
  4. Selanjutnya buat adonan karamel dengan cara melarutkan air bersama gula pasir di api sedang kecil, biarkan selama 5 atau 7 menit hingga gula meleleh.
  5. Kalau sudah, masukkan mentega tawar dan aduk perlahan-lahan sampai tercampur rata.
  6. Setelah itu, masukkan apel ke dalam karamel dan aduk sampai terlapisi dengan baik. Masak selama 15-20 menit.
  7. Jika karamel sudah menempel pada potongan apel, matikan api. Susun potongan apel di atas loyang dan tutup pakai puff pastry.
  8. Berikutnya panggang adonan selama 45-50 menit, lalu diamkan 1 jam di suhu ruang sebelum disajikan.

Baca Juga: Resep Pai Madu dengan Sensasi Manis Gurih yang Bikin Terlena

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Jenis Apel yang Bisa Digunakan untuk Tarte Tatin

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujanilustrasi granny smith (unsplash.com/Daniela)

Dalam proses pembuatan tarte tatin, pastikan jenis apel yang digunakan cocok dipanggang. Hal tersebut dilakukan demi menjaga tekstur makanan supaya tidak terlalu lembek atau hancur karena memakai buah yang salah.

Beberapa buah yang paling umum disajikan sebagai tarte tatin adalah honeycrisp atau Granny Smith. Bahan-bahan tersebut akan membuat tarte tatin terasa legit namun tetap bertekstur, sehingga akan lebih sedap ketika disantap.

Perhatikan Karamel agar Tidak Gosong

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujanilustrasi memasak karamel (pixabay.com/Olivia Portrat)

Berikutnya, pastikan bahwa kamu memasak karamel dengan baik. Hindari memakai api besar dalam pembuatan kondimen ini karena rentan gosong. Hal tersebut akan membuat karamel jadi pahit.

Oleh sebab itu, saat membuat karamel pastikan kamu melakukannya dengan baik dan tidak ditinggal-tinggal. Ini supaya karamel memiliki penampilan yang bagus dan rasanya pas saat melapisi setiap irisan buah apel.

Saran Penyajian Tarte Tatin

Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujanilustrasi tarte tatin dan es krim vanila (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Terakhir, penganan ini cocok sekali disajikan selagi hangat bersama macam-macam komponen. Bila kamu suka sesuatu yang creamy, tambahkan es krim vanila sebagai pelengkap tarte tatin.

Hidangan ini cocok banget dijadikan camilan berbeda untuk penggemar olahan apel. Rasanya manis, lembut, renyah, dan pastinya sukses bikin terpikat. Entah itu buat anak-anak maupun orang dewasa.

Makan pai apel saat hujan begini memang paling asik. Selain bikin perut kenyang, pengalaman menikmati tarte tatin akan semakin spesial karena berasa mencicipi langsung sajian ini dari Prancis. Gimana, tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Kreasi Tarte Tatin dengan Aneka Buah Legit, Pai Klasik Asal Prancis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Adblock test (Why?)


Resep Tarte Tatin, Pai dari Prancis untuk Camilan saat Hujan - IDN Times
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Sup Kepiting Asparagus, Masak dengan Slow Cooker - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sop kepiting sering ditemui di restoran chinese food,  kamu bisa membuatnya sendiri di rumah memakai  slow cooker . Sop kep...