Rechercher dans ce blog

Rabu, 18 Oktober 2023

Mengenal Mangga Manalagi, Tips Memilih Hingga Resep Olahannya - detikFood

Jakarta -

Mangga adalah buah musiman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Mangga disebut sebagai buah musiman karena, hanya akan berbuah setahun sekali, yaitu pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Mangga merupakan buah yang mengandung banyak vitamin. Mangga mengandung karoten yang sangat tinggi. Jenis mangga pun beraneka ragam.

Jenis-jenis mangga antara lain mangga arumanis, gedong, golek, indramayu, apel, madu, dan manalagi. Mangga manalagi adalah jenis mangga yang mempunyai rasa cukup khas. Karena itulah, orang yang sudah mencobanya, pasti akan mencarinya lagi. Nah, inilah yang menjadi asal muasal disebut mangga manalagi.

Mangga manalagi memiliki rasa dari perpaduan buah mangga arumanis dengan mangga golek. Berikut ini penjelasan mengenai mangga manalagi, mulai dari perbedaan hingga resep olahannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bedanya Mangga Manalagi dengan Mangga Lainnya

Dikutip melalui buku berjudul Bercocok Tanam Mangga (2007), berikut ini perbedaan mangga manalagi dengan mangga lainnya.

  1. Pohon dari buah mangga manalagi hampir mirip dengan mangga arumanis dan mangga golek. Ketinggian pohonnya sekitar 800 cm. Tidak terlalu banyak cabang dan ranting pada pohon mangga manalagi.
  2. Daun mangga manalagi memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung runcing.
  3. Mangga manalagi sama seperti mangga pada umumnya, juga mempunyai bunga majemuk.
  4. Bunga dari mangga manalagi berwarna kuning dengan tangkai berwarna hijau mudah sedikit kemerahan.
  5. Mangga manalagi akan berbuah pada bulan September hingga bulan November.
  6. Bunga dari mangga manalagi, saat masih muda akan berwarna hijau, namun jika sudah tua, akan berwarna hijau agak keabuan.
  7. Kulit buah dari mangga manalagi cenderung agak tebal, terdapat bintik-bintik berwarna agak keputihan. Jika sudah matang, mangga manalagi akan sedikit coklat dan buahnya lunak.
  8. Mangga manalagi apabila dikupas, dagingnya berwarna kuning dan teksturnya tidak berserat. Mangga manalagi tidak banyak mengandung air, dagingnya cukup tebal dengan pelok yang tipis.

Tips Memilih Mangga Manalagi

  1. Pilih mangga manalagi yang warna kulitnya merata.
  2. Pilih mangga manalagi yang buahnya saat ditekan tidak terlalu lembek dan meninggalkan bekas.
  3. Pilih mangga manalagi yang harum saat dicium.
  4. Hindari untuk memilih buah mangga manalagi yang memar atau berjamur.
  5. Jangan pilih buah mangga yang terlalu matang. Ini, bisa ditandai dengan buahnya yang lembek, tercium bau kurang sedap, dan munculnya bintik kecoklatan pada buah mangga.

Resep Olahan Mangga Manalagi

Mango Sticky Rice

Mango sticky rice adalah dessert yang berasal dari negara Thailand. Mango sticky rice merupakan dessert yang terbuat dari beras ketan, dipadukan dengan potongan buah mangga dan siraman saus. Mango sticky rice merupakan salah satu olahan mangga manalagi yang saat ini banyak digemari.

Pasalnya, selain enak, olahan mangga ini juga sangat mudah untuk dicoba di rumah. Resep ini dikutip melalui buku berjudul Kumpulan Resep Hits di Instagram 100 Resep Andalan Dapur Bunda Nina (2017).

Durasi Tingkat Kesulitan Porsi
Daerah Asal Masakan :
Kategori Masakan : Dessert

Bahan Bahan

  • Mangga manalagi dipotong-potong
  • 250 gram beras ketan, rendam selama 3 jam
  • 2 sdm gula pasir
  • 500 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • 2 helai daun pandan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
  • Wijen sangrai untuk taburan

Cara Memasak:

  1. Kukus beras ketan dan daun pandan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit.
  2. Rebus santan yang sudah disiapkan, 2 sdm gula, garam, dan daun pandan bersamaan sampai mendidih.
  3. Tuang 250 ml santan yang tadi sudah direbus ke mangkuk atau wadah. Masukkan ketan yang sudah dikukus. Aduk sampai merata dan santap menyerap dengan sempurna. Lalu, kukus kembali ketan santan tadi hingga matang.
  4. Sisa santan yang ada dimasak kembali dengan menambahkan 2 sdm gula. Masak hingga santan mendidih, lalu masukkan larutan maizena. Setelah meletup-letup, santan bisa diangkat.
  5. Sajikan ketan dalam mangkuk atau piring, lalu atasnya beri potongan mangga manalagi, kemudian siram saus santannya sesuai selera, dan beri taburan wijen sangrai. Mango sticky rice siap dinikmati.

Mango Sago

Resep minuman sago ini sedang viral di sosial media. Buah yang digunakan pun cukup beragam, ada buah melon, stroberi, dan mangga. Karena sedang musim mangga, tidak ada salahnya untuk membuat sago mango yang enak dan tanpa ribet. Berikut ini resep dari mango sago yang dikutip melalui Channel YouTube Lis Achmady.

Durasi Tingkat Kesulitan Porsi
Daerah Asal Masakan :
Kategori Masakan : Dessert

Bahan Bahan

Bahan sagu mutiara:

  • 100 gram sagu mutiara
  • 900 ml air

Bahan agar-agar:

  • 15 gram nutrijell mangga
  • 5 sdm gula pasir
  • 500 ml air

Bahan jus mangga:

  • 2 buah mangga manalagi
  • 100 ml air

Bahan toping mangga

  • 2 buah mangga manalagi

Bahan kuah:

  • 1 kaleng susu evaporasi
  • 250 gram kental manis

Cara Memasak:

  1. Siapkan sagu mutiara, lalu didihkan air. Setelah air mendidih, masukkan sagu mutiara, dan masak selama 5 menit sambil ditutup. Setelah dimasak 5 menit matikan kompor, dan didiamkan selama 30 menit. Masak lagi sagu mutiara selama 7 menit sambil ditutup, dan matikan kompor. Diamkan kurang lebih 20 menit.
  2. Masak agar jelly dengan air dan gula pasir. Aduk rata dan masak sampai mendidih. Setelah mendidih, pindahkan ke dalam wadah tahan panas, dan tunggu hingga mengeras. Setelah itu potong jelly menjadi kotak-kotak kecil.
  3. Siapkan blender, masukkan 2 buah mangga manalagi dan tambahkan air. Lalu blender hingga halus.
  4. Masukkan jus buah mangga ke dalam mangkuk besar, tambahkan susu evaporasi, susu kental manis, dan aduk hingga rata. Jika kurang manis bisa ditambah gula.
  5. Masukkan potongan mangga, sagu mutiara, dan jelly mangga. Aduk sampai merata.
  6. Mango sago siap untuk disajikan.

Nah demikian penjelasan mengenai mangga manalagi, mulai dari perbedaannya dengan mangga lainnya, tips untuk memilih mangga manalagi, hingga resep olahan mangga yang viral seperti mango sticky rice dan mango sago. Demikian yang dapat detikFood sampaikan, semoga bermanfaat!

Simak Video "Mencicipi Segarnya Es Krim Olahan Kelapa yang Viral di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Adblock test (Why?)


Mengenal Mangga Manalagi, Tips Memilih Hingga Resep Olahannya - detikFood
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Sup Kepiting Asparagus, Masak dengan Slow Cooker - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sop kepiting sering ditemui di restoran chinese food,  kamu bisa membuatnya sendiri di rumah memakai  slow cooker . Sop kep...