Rechercher dans ce blog

Sabtu, 29 Juli 2023

Resep Seblak Papeda, Makanan Viral Seperti Buatan Rafael Tan - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Tak berselang lama sejak popularitas seblak cobek, Rafael Tan, selebritas Tanah Air, kembali membuat kreasi aci ala dirinya.

Kali ini, Rafael membuat seblak papeda, yakni perpaduan papeda dengan kuah seblak yang pedas dan gurih.

Kamu juga bisa membuat seblak papeda viral di rumah. Caranya dengan membuat papeda terpisah, lalu mencampurnya dengan bumbu seblak.

Resep papeda diambil dari buku "Makanan Minuman Populer Indonesia Dari Sagu Ambon" (2013) oleh Elsye Syauta Latuheru, Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep kuah seblak diambil dari buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) oleh Dhila Sina terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Bahan papeda:

  • 400 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr sagu basah

Bahan kuah seblak:

  • 1 butir telur
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • 2 buah cabai merah besar
  • 5 buah cabai rawit merah
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak secukupnya

1. Masak air dan garam hingga mendidih, angkat. Tuang ke tepung sagu dalam panci sambil aduk agar tepung tercampur rata. 

2. Masak sejenak adonan di atas api sedang hingga tepung matang sempurna, angkat. Tuang ke dalam cetakan atau mangkuk, sisihkan.

3. Panaskan minyak, masukkan telur dan buat orak-arik. Masukkan bumbu halus (bawang putih, kencur, cabai merah besar, dan cabai rawit merah), tumis sampai wangi.

4. Tambahkan air dan kaldu bubuk secukupnya. Masak hingga mendidih.

5. Tuang kuah seblak ke papeda. Sajikan.

Baca juga:

Buku "Makanan Minuman Populer Indonesia Dari Sagu Ambon" (2013) oleh Elsye Syauta Latuheru, Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama dan buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) oleh Dhila Sina terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Resep Seblak Papeda, Makanan Viral Seperti Buatan Rafael Tan - Kompas.com - KOMPAS.com
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Sup Kepiting Asparagus, Masak dengan Slow Cooker - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Sop kepiting sering ditemui di restoran chinese food,  kamu bisa membuatnya sendiri di rumah memakai  slow cooker . Sop kep...